INSTIPER Robotic Academy

Dalam mendukung perkembangan revolusi 4.0, INSTIPER telah menerapkan berbagai langkah strategis yang selaras dalam dunia pendidikan tinggi, hal ini ditunjukan melalui berbagai fasilitas yang terus dikembangkan agar kebutuhan tri dharma perguruan tinggi dapat terpenuhi, salah satunya dengan adanya komunitas hobi mahasiswa yang memfasilitasi mahasiswa untuk terus berkembang dan mampu memanfaatkan teknologi sebagai pendekatan yang tepat i bidang pertanian, perkebunan, dan perhutanan. Indonesia memiliki tantangan masa depan pertanian yang sangat kompleks. Mulai dari pembudidayaan, pengolahan pasca panen, hingga mekanisasi pertanian itu sendiri. Tidak bisa dipungkiri, masa depan pertanian ditentukan juga oleh pemanfaatan teknologi-teknologi mutakhir. Transformasi INSTIPER dalam menghadapi perkembangan ini melalui “New INSTIPER with Advance Technology (NIwAT).

INSTIPER Robot Academy merupakan salah satu komunitas hobi mahasiswa yang bertujuan untuk mengenalkan prinsip dasar robotika kepada mahasiswa dan untuk menyiapkan mahasiswa di era globalisasi saat ini yang dituntut untuk memiliki wawasan luas, kemampuan berpikir dan berkreasi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan informasi dan teknologi (IT) yang sangat cepat.

Dari berbagai minat pendidikan sarjana di INSTIPER dapat berkumpul di INSTIPER Robot Academy yang memiliki hobi yang sama tentang dunia robotika. Seluruh pembelajaran dimulai dari dasar hingga expert dengan fasilitator yang berpengalaman di bidangnya. INSTIPER sebagai pusat ilmu pengetahuan dengan kompetensi unggul dibidang pertanian, perkebunan, dan perhutanan akan mendukung pengembangan riset-riset terkait pengembangan teknologi robotika agar mahasiswanya mampu bersaing didunia industri perkebunan Indonesia dengan pembekalan yang kuat.

Part Robot dengan Bahan ABS/PLA dan Alminium

  • Robot Lengan
    Produk yang sudah kami hasilkan salah satunya adalah prototype robot lengan yang digunakan sebagai otomatisasi untuk pemetikan dan pemantauan buah. Berikut ini merupakan rancangan desain dari robot lengan.
  • Robot Delta
    Produk yang sudah kami hasilkan salah satunya adalah robot delta yang digunakan sebagai otomatisasi untuk pemilah buah. Berikut ini merupakan rancangan desain dari robot lengan.
  • Konsep robot pada bidang pertanian
  • Rancangan robot pada bidang pertanian

Kami menyediakan beberapa pelatihan untuk menunjang keahlian dalam bidang robotika, beberapa pelatian tersebut antara lain:

  • Printed Circuit Board (PCB) Design
    Printed Circuit Board merupakan sebuah papan yang penuh dengan sirkuit dari logam yang menghubungkan komponen elektronik sama satu sama lain tanpa kabel. Instiper Robotics Academy (IDA) menawarkan beberapa pelatihan dasar untuk menunjang keahlian dalam designing. Beberapa software yang kami tawarkan untuk pelatihan desain antara lain:
    • Autodesk Eagle

    • EasyEDA

    • Proteus Professional
  • 2D dan 3D Part Design
    Dalam pembuatan sebuah robot dibutuhkan rancangan berupa kerangka desain mekanik dalam betuk 2D ataupun 3D yang digunakan agar mempermudah dalam ilustrasi sebelum dilakukan realisasi dalam produk nyata. Instiper Robotics Academy (IDA) menawarkan beberapa pelatihan dasar untuk menunjang keahlian dalam designing. Beberapa software yang kami tawarkan untuk pelatihan desain antara lain:
    • CorelDraw

    • SolidWorks
  • Pemrograman dasar hingga lanjutan
    Selain desain untuk rangkaian elektronik dan mekanik, dalam bidang robotika juga dibutuhkan sebuah pemrograman untuk memberikan perintah kepada robot agar robot dapat melaksanakan perintah yang programmer inginkan. Untuk menunjang hal tersebut Instiper Robotics Academy (IDA) menawarkan beberapa pelatihan dasar untuk menunjang keahlian dalam designing. Beberapa software yang kami tawarkan untuk pelatihan desain antara lain:
    • Arduino

    • STM32

Jasa Pembuatan

Selain menjadi konsultan, untuk mempercepat dalam pembuatan sebuah robot, kami juga menawarkan jasa pembuatan robot untuk bidang pertanian, perkebunan dan perhutanan