Keunggulan

Fakultas Teknologi Pertanian mencetak sarjana paripurna yang mempunyai kompetensi di keteknikan dan teknologi pengolahan di bidang industri perkebunan dan pangan, yang dicirikan dengan penerapan teknologi Artificial Intelligence, otomatisasi, Robotik, Internet of Things, Big data dalam bidang industri Perkebunan dan Pangan. Fakultas Teknologi Pertanian INSTIPER Yogyakarta menyiapkan lulusan dengan kompetensi knowledge, skill, attitude, learning experiences yang relevan dengan kebutuhan stakeholder (pendidikan link and match) bidang industri perkebunan dan pangan yang selaras dengan era industri 4.0.

Fakultas Teknologi Pertanian memiliki keunggulan antara lain :

  • Kurikulum berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Outcome Based Education (OBE), Teknologi Industri 4.0, dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  • Fasilitas pendidikan yang mendukung pembelajaran bauran (blended learning) atau (hybrid learning), Lab. Robotika, Lab. Artificial Intelligence (AI), Lab. Simulasi dan Komputasi, Lab. Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau Drone, Lab. Sistem Informasi Geografis (SIG), Lab. Kimia, Lab. Mikrobiologi, Pilot Plant, Lab. Tanah. Lab. Kultur Jaringan, Smart Green House, Lab. Bioenergi, dan Mini mill (pabrik sawit mini).
  • Beasiswa berikatan dinas dengan perusahaan swasta kelapa sawit, beasiswa KIP, beasiswa Pemerintah Kabupaten Daerah.
  • Bekerja sama dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit seluruh Indonesia, BUMN, Pemerintah daerah maupun kabupaten, lembaga penelitian, dan perguruan tinggi luar negeri

Peluang Kerja

Fakultas Teknologi Pertanian mencetak lulusan handal yang memiliki kemampuan kolaborasi dan komunikasi yang efektif, memiliki critical thinking sehingga memiliki kemampuan argument dan reasoning, dapat mengikuti perkembangan teknologi dan tools, memiliki kemampuan problem solving yang inovatif dan kreatif.

Adapun prospek kerja lulusan Fakultas Teknologi Pertanian, antara lain: perusahaan-perusahaan nasional maupun internasional yang bergerak di bidang teknologi agroindustri, perkebunan kelapa sawit, pangan, manufaktur dan teknologi informasi, bidang kerja lain yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pengembangan teknologi. Lulusan Fakultas Teknologi Pertanian juga siap bekerja sebagai peneliti, konsultan, maupun enterpreneur.


Visi Fakultas Teknologi Pertanian

Menjadi Center of Excellence Pendidikan Tinggi Teknologi Pertanian yang Unggul dengan Kompetensi Utama Biosystem dan Teknologi Industri Perkebunan


Misi Fakultas Teknologi Pertanian

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk menghasilkan SDM yang kompeten di bidang perkebunan.
  • Mengembangkan teknologi yang mampu mendukung sistem agribisnis berbasis perkebunan yang berasaskan kelestarian lingkungan.
  • Menjadi pusat rujukan sistem dan teknologi mutakhir dalam bidang industri perkebunan kawasan tropika terkemuka bertaraf internasional

Sasaran dan Strategi Pencapaian

  • Meningkatkan kualitas lulusan, dengan peningkatan proses pembelajaran melalui pola partisipatif, pembekalan untuk meningkatkan softskill, re-evaluasi kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dengan mengundang pengguna.
  • Meningkatkan Mutu dan Jumlah Penelitian, dengan jalan memberi motivasi proaktif meraih kesempatan pembiayaan penelitian, mengundang pakar dan pengguna untuk berbagi pengalaman, mereview karya ilmiah pada jurnal.
  • Meningkatkan Pengabdian kepada Masyarakat, dengan jalan memberikan motivasi untuk proaktif meraih pendanaan PPM, mengembangkan desa binaan melalui penerapan teknologi tepat guna hasil penelitian, pembinaan UKM agroindustry, mengadakan pelatihan/kursus singkat bagi masyarakat.
  • Meningkatkan Kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan instansi terkait dan menjalin hubungan Kerjasama dengan alumni , dengan jalan sosialisasi hasil – hasil penelitian, aktif membangun komunikasi dengan alumni, menawarkan konsep teknologi kepada dinas terkait, Lembaga penelitian berbagai instansi, dan industri.
  • Meningkatkan kualitas sistem informasi dan komunikasi, dengan jalan pengembangan jaringan intra dan internet dengan akses hotspot yang kuat, meningkatkan jurnal ilmiah yang telah ada menjadi terakreditasi.

Program Studi

  • Teknologi Hasil Pertanian
  • Teknik Pertanian

Sarjana Teknologi Industri Bioenergi (STIB)

Minat ini merupakan perpaduan dari beberapa disiplin ilmu dan teknologi serta manajemen sehingga lulusannya memiliki kompetensi di bidang industri bioenergi (biodiesel, bioethanol dan biogas berbasis biomassa), manajemen industri (keuangan, sumber daya manusia, operasional, logistic, keselamatan dan kesehatan kerja), teknologi informasi dan komunikasi.

Peluang Lulusan :
  1. Supervisor atau Manajer di industri biodiesel, bioethanol, biogas: Produksi, Quality Control /Quality Assurance, Research & Development, Logistik, Utilitas, Marketing
  2. Konsultan dan atau Auditor di bidang industri bioenergi
  3. Aparatur Sipil Negara (ASN)
  4. Tenaga pendidik (guru SMK, dosen, pelatih/trainer)
  5. Peneliti pada industri bioenergi (Research and Development) dan atau pada Lembaga Penelitian atau pusat penelitian.
  6. Pengusaha/wirausaha (entrepreneur)

Sarjana Teknologi Industri Perkebunan dan Pangan (STIPP)

Minat ini merupakan perpaduan dari beberapa disiplin ilmu dan teknologi serta manajemen yang menghasilkan lulusan dengan kompetensi di bidang industri pengolahan hasil perkebunan (kelapa sawit, kelapa, karet, kopi, kakao, teh, tebu dan rempah atsiri), industri pangan (pangan nabati, hewani dan juga minuman) dan manajemen (mutu dan keamanan pangan, keuangan, sumber daya manusia, operasional, keselamatan dan kesehatan kerja), teknologi informasi dan komunikasi.

Peluang Lulusan :
  1. Supervisor atau Manajer pada industri perkebunan (kebun maupun pabrik)
  2. Supervisor atau Manajer di industri pangan: Produksi, Quality Control /Quality Assurance, Research & Development, Logistik, Utilitas, Marketing
  3. Tenaga pendidik (guru SMK, dosen, pelatih/trainer)
  4. Konsultan dan atau Auditor di bidang industri pangan dan atau perkebunan
  5. Aparatur Sipil Negara (ASN)
  6. Peneliti pada industri perkebunan/pertanian atau industri pangan (Research and Development) dan atau pada Lembaga Penelitian atau pusat penelitian.
  7. Pengusaha/wirausaha (entrepreneur)

Sarjana Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit dan Turunannya (STPK)

Minat ini merupakan perpaduan dari beberapa disiplin ilmu dan teknologi serta manajemen sehingga lulusannya memiliki kompetensi di bidang industri pengolahan Kelapa Sawit dan turunanya (Crude Palm Oil /CPO, Palm Kernel Oil/ PKO, industri hilir: produk pangan dan non pangan berbasis kelapa sawit, pemanfaatan limbah biomassa sawit), manajemen industri (mutu dan keamanan pangan, keuangan, sumber daya manusia, operasional, keselamatan dan kesehatan kerja), teknologi informasi dan komunikasi.

Peluang Lulusan :
  1. Supervisor atau Manajer di perkebunan kelapa sawit
  2. Supervisor atau manajer di Pabrik Kelapa Sawit (PKS)
  3. Supervisor atau manager di industri turunan sawit (industri hilir), pangan (oleofood) dan non pangan (oleochemical) berbasis sawit: Produksi, Quality Control /Quality Assurance, Research & Development, Logistik, Utilitas, Marketing
  4. Konsultan dan atau Auditor di bidang industri sawit
  5. Aparatur Sipil Negara (ASN)
  6. Tenaga pendidik (guru SMK, dosen, pelatih/trainer)
  7. Peneliti pada industri perkebunan perkebunan sawit (Research and Development) dan atau pada Lembaga Penelitian atau pusat penelitian.
  8. Pengusaha/wirausaha (entrepreneur)

Sarjana Agroindustri Informatika Teknologi (SAIT)

Minat ini merupakan perpaduan dari beberapa disiplin ilmu dan teknologi serta manajemen sehingga lulusannya memiliki kompetensi di bidang manajemen distribusi, logistik/ warehousing dan rantai pasok sejak penerimaan bahan baku hingga pengiriman produk jadi serta teknologi informasi pada industri pangan dan perkebunan.

Peluang Lulusan :
  1. Supervisor/Manajer rantai pasok (supply chain), perencanaan produksi, logistik, gudang, distribusi, ekspor/impor, pengadaan di industri perkebunan dan pangan
  2. Konsultan dan auditor di bidang rantai pasok
  3. Aparatur Sipil Negara (ASN)
  4. Konsultan dan atau Auditor di bidang industri sawit
  5. Tenaga pendidik (guru SMK, dosen, pelatih/trainer)
  6. Peneliti (Research and Development) dan atau pada Lembaga Penelitian atau pusat penelitian.
  7. Pengusaha/wirausaha (entrepreneur)

Keunggulan

Menjadi center of excellence pendidikan tinggi teknologi pertanian dengan kemampuan unggulan keilmuan dan keahlian dalam bidang bioteknik industri perkebunan kawasan tropika.

Sarjana Teknik Industri Kelapa Sawit (STIK)

STIK (Sarjana Teknik Industri Kelapa Sawit) merupakan minat yang yang menyiapkan lulusan yang mampu untuk bekerja pada industri pengolahan kelapa sawit. Kombinasi kemampuan merupakan campuran teknik mesin, teknik elektro dan teknik kimia membuat lulusan minat ini mampu dan siap bekerja pada industri pengolahan modern. Laboratorium yang mendukung minat ini adalah laboratorium sistem Kendali dan Otomasi (Control Systems and Automation).


Sarjana Mekanisasi Perkebunan Kelapa Sawit (SMPKS)

Merupakan minat studi yang menggabungkan pengetahuan dan keterampilan bidang teknik mesin dan operasional mekanisasi pada industri kelapa sawit misalnya mesin dan peratatan angkut hasil panen TBS (crane grabber dan scissor lift) digabung dengan peralatan penimbangan otomatis. Lulusan minat ini memiliki kemampuan untuk mengembangkan sistem mekanisasi industri perkebunan kelapa sawit yang memiliki peranan dalam meningkatkan kinerja operasional kebun dan kinerja keuangan. Kemampuan ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan memilih, merawat, memodifikasi, merancang mesin peralatan yang dibutuhkan oleh industri perkebunan saat ini dan di masa depan.


Sarjana Teknologi Informatika Pertanian (STIP)

Merupakan minat yang dikembangkan sebagai jawaban atas semakin dibutuhkannya kompetensi teknologi informatika di bidang perkebunan, pertanian dan kehutanan. Minat ini memiliki keunggulan kurikulum karena merupakan kombinasi bidang teknologi informatika dengan manajemen bisnis dan industri perkebunan dengan demikian lulusan akan memiliki kemampuan unggul dalam penguasaan teknologi komunikasi dan informatika di bidang bisnis dan industri perkebunan.


Sarjana Mekatronika dan Otomasi Pertanian (SMOP)

Sarjana Mekanisasi dan Otomasi Pertanian (SMOP) Merupakan minat studi terapan yang lulusan untuk memiliki kompetensi di bidang mesin dan peralatan baik dalam perancangan, manufacturing serta otomatisasi (automation) hinggal sistem kendali lingkungan pada proses produksi biomassa secara presisi (precision agriculture) maupun pertanian perkotaan (urban agriculture). Minat ini didukung oleh laboratotium mesin dan peralatan, laboratorium otomasi dan laboratorium robotics serta instalasi SMART greenhouse.


Sarjana Agromeka Teknologi (SAMT)

Agromeka Teknologi merupakan minat studi terapan yang menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk memadukan beberapa disiplin ilmu dan teknologi terkini yang terkait dengan industri perkebunan kelapa sawit, yaitu agronomi (agronomy), mekanisasi (mechanization), keteknikan (engineering), teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology) dan manajemen bisnis dan operasional (bussiness and operational management)

Peluang Lulusan :
  1. Supervisor atau Manager Pada Industri Perkebunan dan Pertanian
  2. Peneliti pada Industri Perkebunan dan Pertanian pada Divisi Riset dan Pengembangan dan/atau pada Lembaga Penelitian Pemerintah, seperti Pusat Penelitian Kelapa Sawit
  3. Konsultan Teknik dan Teknologi Informasi
  4. Akademik sebagai Dosen maupun Pelatih
  5. Praktisi sebagai Manager Industri Mesin dan Peralatan

Sarjana Hortismart Teknologi (SHST)

Minat studi terapan ini menyiapkan lulusan yang mampu memadukan beberapa disiplin ilmu dan teknologi terkini yang terkait dengan industri hortikultura, yaitu: ilmu tanaman hortikultura (horticulture plant science), teknik pertanian dalam lingkungan terkendali (agricultural engineering on control environment), biofisik dan nutrisi tanaman hortikultura (horticulture biophysics and nutrition), ilmu komputer dan sistem kendali (computer science and control systems) serta manajemen bisnis dan operasional (business and operational management)

Peluang Lulusan :
  1. Manajer Industri Pangan Khususnya Komoditi Hortikultura
  2. Supervisor atau Manager Pada Pertanian Perkotaan
  3. Konsultan Pertanian Perkotaan dan Perancang Sistem Pertanian Terkendali
  4. Peneliti pada Pusat Penelitian Hortikultura
  5. Praktisi Sebagai Wirausaha Berlatar Belakang Keteknikan
  6. Analisi pada Lembaga Perbankan