WISUDA ONLINE INSTIPER YOGYAKARTA

Situasi pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda membuat kebanyakan Universitas melakukan wisuda secara daring. Begitu juga dengan Institut Pertanian Stiper (INSTIPER) Yogyakarta yang juga menyelenggarakan wisuda daring yang dilaksanakan pada Sabtu (31/10/2020) melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di YouTube INSTIPER Yogyakarta.

Wisuda daring tersebut merupakan wisuda daring yang pertama kali diselenggarakan oleh INSTIPER. INSTIPER telah menunda wisuda untuk periode April tahun 2020 lalu, karena pada bulan tersebut merupakan awal terjadinya masa pendemi Covid-19. Sehingga, pada periode wisuda Oktober tahun 2020 ini, calon wisudawan yang diwisuda merupakan lulusan pada periode April dan Oktober tahun 2020.

Lulusan periode April 2020, INSTIPER telah meluluskan sebanyak 450 lulusan, yang terdiri dari 437 lulusan dari Program Sarjana dan 13 lulusan dari Program Pascasarjana Magister Manajemen Perkebunan. Sedangkan periode Oktober 2020 INSTIPER meluluskan sebanyak 181 lulusan yang terdiri dari 178 lulusan dari Program Sarjana dan 3 lulusan Program Pascasarjana Magister Manajemen Perkebunan.

Dari kedua periode lulusan tersebut, sebanyak 249 lulusan mengikuti wisuda daring pada periode Oktober 2020 ini. Dari 249 orang wisudawan, wisudawan yang berasal dari Fakultas Pertanian sebanyak 176 lulusan yang terdiri dari 134 lulusan dari Program Studi Agroteknologi, dan 42 lulusan dari Program Studi Agribisnis. Wisudawan dari Fakultas Teknologi Pertanian, sebanyak 49 lulusan yang terdiri dari 34 lulusan dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian dan 15 lulusan dari Program Studi Teknik Pertanian. Wisudawan dari Fakultas Kehutanan, sebanyak 17 lulusan dari Program Studi Kehutanan, dan terakhir dari Program Pascasarjana Program Studi Magister Manajemen Perkebunan sebanyak 7 lulusan.

“Dari 249 lulusan yang diwisuda hari ini, terdapat 65 wisudawan yang mendapat predikat Cumlaude/Pujian, yang terdiri dari 63 wisudawan dari program Sarjana dan 2 wisudawan dari program Pascasarjana. Pada wisuda kali ini, INSTIPER juga mewisuda lulusan dari program beasiswa berikatan dinas dari PT SMART Tbk - Sarjana Perkebunan Kelapa Sawit (SPKS- SMART Planter) yaitu sebanyak 30 wisudawan dan 1 wisudawan dari program Bidikmisi pada minat Sarjana Mekanisasi Perkebunan Kelapa Sawit (SMPKS)”  jelas Rektor INSTIPER, Dr. Harsawardhana, M.Eng.

Wisudawan terbaik pada wisuda daring periode Oktober 2020, dari Program Sarjana diraih oleh saudara Waluyo putra Bapak Kartami yang merupakan penerima beasiswa PT. SMART Tbk, merupakan lulusan periode Oktober. Sedangkan wisudawan terbaik dari Program Pascasarjana diraih oleh saudara Wan Mutiara Fahmi putra Bapak Syahril Djanas dan Ibu Syaripah Sri Nirma Iriani yang berasal dari Aceh Tamiang, Aceh yang merupakan lulusan periode April.