PELEPASAN MERPATI MENANDAI PEMBUKAAN RANGKAIAN ACARA DIES NATALIS INSTIPER YOGYAKARTA

Ratusan orang antusias mengikuti senam bersama di lapangan INSTIPER Yogyakarta pada (15/10) pagi dalam acara INSTIPER Agromart. INSTIPER Agromart merupakan Pagelaran Pasar Tani dan UMKM yang dilaksanalan setiap hari Sabtu-Minggu di lapangan INSTIPER pada tanggal: 15-16 Oktober, 29-30 Oktober, 12-13 November, dan 3-4 Desember 2022. Acara ini merupakan wadah bagi para pelaku UMKM bidang agro untuk bazar produk pertanian dan kuliner. Bertempat di area lapangan INSTIPER, INSTIPER Agromart terbuka untuk umum dan gratis. Acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan, dan disediakan voucher belanja dan doorprize bagi pengunjung yang beruntung.
INSTIPER Agromart merupakan salah satu bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility untuk masyarakat khususnya masyarakat yang tinggal di sekitar kampus INSTIPER Yogyakarta. Melalui acara INSTIPER Agromart, INSTIPER ingin mengajak masyarakat sekitar, alumni, dan sivitas akademika yang memiliki usaha di bidang pertanian dan produk olahan hasil pertanian untuk ikut meramaikan acara ini. INSTIPER Agromart akan menyediakan berbagai produk fresh, sehat, dan higienis dengan harga yang kompetitif.
Pada hari tersebut, INSTIPER tidak hanya menyelenggarakan INSTIPER Agromart, INSTIPER juga melaksanakan pembukaan rangkaian acara Dies Natalis INSTIPER ke-64. Didirakan pada 10 Desember 1958, INSTIPER akan genap berusia 64 tahun pada 10 Desember 2022 mendatang.Menandai hal tersebut, Rektor INSTIPER dan jajarannya melepaskan 8 ekor merpati sebagai penanda perayaan 8 windu INSTIPER Yogyakarta. 
Ir. Tri Nugraha Budi Santosa, MP., selaku ketua panitia menyampaikan, “INSTIPER Yogyakarta akan menyelanggarakan berbagai acara dalam rangka Dies Natalis yang ke-64. Rangkaian acara Dies Natalis INSTIPER dimulai dari INSTIPER Agromart, acara Anjangkasih dan ziarah kubur para pendiri INSTIPER, Expo & Gelar Riset Teknologi, Job Fair, Konsorsium Mekanisasi, Forum Sawit Indonesia, Family Gathering, Busines Talk dan Reuni, seminar dan kompetisi barista kopi, dan puncaknya pada tanggal 10 Desember 2022 akan diselenggrakan Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis INSTIPER ke-64”.
Rektor INSTIPER, Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng. dalam sambutannya menyampaikan “Pada Dies tahun ini, kami telah mengambil tema “Delapan Windu Kontribusi INSTIPER Kepada Bangsa”. Tema tahun ini juga selaras dengan perjalanan INSTIPER selama 64 tahun, dimana INSTIPER merupakan penyumbang Sumber Daya Manusia (SDM) terbesar dibidang perkebunan kelapa sawit, karena 10 tahun terakhir ini kelapa sawit adalah merupakan sumber devisa terbesar di Indonesia. Selain itu pada usianya yang sudah mencapai 64 tahun ini, INSTIPER konsisten untuk menyiapkan lulusan unggul yang adaptif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi terkini untuk dapat diaplikasikan di dunia usaha dan dunia industri bidang perkebunan dan perhutanan yang menjadi core competencynya sejak awal berdiri”.
Dr. Harsawardana menambahkan “Semoga dengan adanya INSTIPER Agromart sebagai rangkaian Dies Natalis ke-64 dapat menjadi ruang untuk mempererat kekeluargaan seluruh sivitas akademika dan dapat menciptakan peluang bisnis bidang pertanian dan produk olahannya bagi keluarga sivitas akademika dan masyarakat pada umumnya” pungkasnya.