“NGOBRAS” Series II Talkshow Pengenalan INSTIPER Drone Academy

Saat ini pengunaan drone atau pesawat terbang tanpa awak atau Unmanned Aerial Vehicles (UAV) telah menembus berbagai sektor kehidupan. Drone adalah pesawat tanpa awak yang bisa terbang dengan dikendalikan dari jarak jauh pakai remote control atau komputer canggih.
Di era modern yang sudah memasuki era industri 4.0, digitalisasi sudah merambah di bidang pertanian. Mekanisasi dalam pertanian sudah semakin maju. Penggunaan teknologi drone ini mampu mengubah budaya pertanian menjadi pertanian yang lebih modern, misalnya saja proses penyemprotan pupuk atau pestisida bisa menggunakan drone spraying yang sedang berkembang pesat saat ini.
Dengan didirikannya INSTIPER Drone Academy (IDA) untuk menghadapi salah satu tuntutan dari pendidikan 4.0. Saat ini pengelolaan perkebunan dan kehutanan tidak lepas dari penggunaan drone baik di perencanaan, monitoring, dan evaluasi. Menyadari hal tersebut, INSTIPER berusaha menyiapkan lulusannya dengan teknologi terkini. Sebagai anggota IDA mahasiswa akan dilatih sebagai pilot drone, memanfaatkan drone untuk dokumentasi baik foto maupun video, pemanfaatan drone untuk monitoring kesehatan tanaman, dan pemetaan. Instiper Drone Academy (IDA) juga berkolaborasi dengan beberapa perusahaan pengembang Drone untuk mengadakan pelatihan pengoperasian drone untuk penyemprotan dan pemetaan lahan. Dengan mengenalkan perkembangan teknologi drone kepada mahasiswa akan menjadikan nilai tambah bagi mahasiswa.
Untuk mengenalkan INSTIPER Drone Academy, INSTIPER mengadakan “NGOBRAS” series II talkshow pengenalan INSTIPER Drone Academy dengan tema “Pemanfaatan Drone di Bidang Agroindustri”. Acara tersebut dilaksanakan pada Selasa (27/7) secara online menggunakan platform Zoom dan Youtube. Acara Ngrobras tersebut diikuti oleh lebih dari 400 peserta yang terdiri dari mahasiswa baik itu mahasiswa INSTIPER atau diluar dari INSTIPER, siswa dan Guru dari SMA/MA/SMK, Dinas-Dinas dan masih banyak lagi. 
Acara tersebut menghadirkan dua narasumber, yang pertama Hendi Sprihono, S.Pd sebagai PIC dari INSTIPER Drone Academy dan narasumber kedua Sri Annas Karuniawan, S.Si Chief Technical Officer dari PT. Karya Solusi Angkasa. Dan dimoderatori oleh Betti Yuniasih, S.Si, M.Sc merupakan Dosen SIG dan Pemetaan INSTIPER. 

Acara Ngobras INSTIPER Drone Academy dapat diputar kembali melalui link sebagai berikut : https://www.youtube.com/watch?v=hrCD-50Ba44