Mahasiswa Baru INSTIPER Yogyakarta Dikenalkan Berbagai Komoditas Perkebunan dan Kehutanan

Seperti mahasiswa baru pada umumnya, mahasiswa baru INSTIPER Yogyakarta juga mengikuti serangkaian acara orientasi. Untuk lebih mengenalkan mahasiswa terhadap dunia kampus dan dunia perkebunan dan perhutanan maka mahasiswa baru INSTIPER diwajibkan mengikuti OKKABUN atau Orientasi Kampus dan Kenal Kebun. OKKABUN ini bersifat wajib bagi semua mahasiswa baru INSTIPER dengan tujuan untuk mengembangkan pendidikan karakter seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kebersamaan, dan untuk pengembangan kreatifitas.
Pada TA 2022/2023, INSTIPER menerima mahasiswa baru sebanyak 865 orang mahasiswa yang terdiri dari 520 orang di Fakultas Pertanian, 214 orang di Fakultas Teknologi Pertanian, dan 131 orang di Fakultas Kehutanan. Dari 865 orang mahasiswa tersebut, 143 orang atau 16,6% merupakan mahasiswa baru penerima beasiswa dari PT. RAPP, PT. Toba Pulp Lestari, PT. Aditya Agrindo, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP).
Mahasiswa baru INSTIPER TA 2022/2023 berasal dari 27 provinsi yang ada di Indonesia. Mahasiswa baru terbanyak berasal dari Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau, dan Provinsi Jawa Tengah. Mayoritas mahasiswa INSTIPER memang berasal dari Pulau Sumatera dan Kalimantan yang merupakan pusat-pusat perkebunan di Indonesia, namun banyak juga yang berasal dari Pulau Jawa.
OKKABUN mahasiswa baru INSTIPER TA 2022/2023 diselenggarakan pada tanggal 15-26 Agustus 2022 lalu. OKKABUN tahun ini lebih menitikberatkan pada penyiapan mahasiswa baru supaya dapat menguasai perkembangan teknologi untuk menyikapi tantangan perkembangan industri 4.0 serta penyiapan mahasiswa baru supaya memiliki karakter yang kuat, disiplin, dan kreatif. 
Ir. Tri Nugraha, MP selaku Ketua Panitia OKKABUN sekaligus Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan menjelaskan bahwa, “Orientasi mahasiswa baru di INSTIPER memang berbeda dengan orientasi di kampus-kampus lain. Selain dididik kedisiplinan dan tanggung jawab, mahasiswa baru juga dikenalkan dunia perkebunan di KP2 Ungaran milik INSTIPER yang terletak di Bawen Jawa Tengah. OKKABUN ini bersifat wajib, sehingga mahasiswa yang tidak lolos harus mengulang OKKABUN ditahun depan. Walaupun dua tahun sebelumnya OKKABUN ditiadakan dan digantikan dengan pelatihan kedisiplinan di PasKhas TNI Angkatan Udara dikarenakan Pandemi COVID yang melanda dunia, pada tahun ini OKKABUN sudah bisa dilaksanakan lagi”.
Rangkaian OKKABUN INSTIPER diawali dengan tes Kesehatan di GRHA INSTIPER pada tanggal 15 Agustus 2022 yang dilakukan oleh dokter dari Rumah Sakit Condong Catur yang bekerjasama dengan UKM KSR PMI INSTIPER, dan di tanggal 16 Agustus dilanjutkan dengan upacara pembukaan OKKABUN. 
Mahasiswa baru INSTIPER juga berkesempatan mengikuti upacara bendera untuk memperingati hari Kemerdekaan RI ke 77, pada tanggal 17 Agustus. Sehari setelahnya yaitu pada 18 Agustus diselenggarakan pembukaan kuliah yang dilanjutkan dengan ceramah kebangsaan bela negara serta ceramah anti korupsi.
Pembukaan kuliah dilakukan oleh Dr. Maria Ulfah yang mewakili Rektor INSTIPER. Sedangkan kuliah umum disampaikan oleh Direktur Jenderal Perkebunan, Bapak Andi Nur Alamsyah, STP., MT. yang memberikan kuliah dengan tema “Pembangunan Perkebunan untuk Kesejahteraan Bangsa”. Selain mendapat kuliah dari Bapak Dirjen, mahasiswa baru juga mendapat kuliah umum dari Bapak Joko Supriyono yang merupakan Komisaris di Anak Perusahaan Astra Agro Lestari dan juga menjabat sebagai Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI). Bapak Joko Supriyono menyampaikan ceramah dengan topik “Kesiapan SDM di Era Industri 4.0 dan Aplikasinya di Perkebunan melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Teknologi Mekanisasi”.
Mahasiswa baru INSTIPER juga mendapatkan pelatihan kedisiplinan oleh Pasukan Khas TNI Angkatan Udara pada tanggal 19-20 Agustus 2022. Setelah itu mahasiswa baru juga dikenalkan budaya akademik di pendidikan tinggi, pengenalan Fakultas dan Program Studi, serta pengenalan UKM dan Kelembagaan yang dapat diikuti oleh mahasiswa nantinya.
Setelah kegiatan OKKABUN di kampus dilanjutkan orientasi kenal kebun yang dilaksanakan pada 23-26 Agustus 2022 di KP2 Ungaran. Momen ini merupakan momen-momen yang tidak akan pernah dilupakan oleh mahasiswa INSTIPER Yogyakarta. Dalam acara tersebut mahasiswa akan digembleng fisik dan mentalnya serta diasah pengetahuannya tentang komoditas perkebuanan dan kehutanan. Untuk menuju lokasi KP2 Ungaran, mahasiswa baru diajak berjalan sejauh ± 12,5 KM dan kemudian dilanjutkan dengan membuat tenda untuk camping bersama. 
Ir. Tri Nugraha menjelaskan, “Kegiatan berjalan dengan jarak tempuh yang cukup jauh merupakan salah satu bentuk pendisiplinan bagi mahasiswa. Karena saat lulus nantinya mahasiswa akan memasuki dunia perkebunan atau hutan tanaman industri dimana area yang menjadi tanggung jawab seorang asisten bisa ratusan hektar. Jadi mereka sudah siap secara fisik”.
Pada kegiatanorientasi kenal kebun tersebut juga melibatkan dosen-dosen INSTIPER yang berperan sebagai fasilitator untuk mendampingi mahasiswa baru untuk mengenal dan melakukan eksplorasi tentang berbagai komoditas. Pada kesempatan tersebut mahasiswa diajak mengenal komodiats perkebunan seperti: kelapa sawit, kopi, kakao, kelapa, dan teh. Mereka juga belajar komoditas kehutanan seperti: jati, sengon, dan jabon. Materi yang dipelajari oleh mahasiswa baru diantaranya tentang kesesuaian lahan, pembibitan, perawatan, panen dan pengolahan pasca-panen.
“Kebun KP2 Ungaran memiliki koleksi berbagai komoditas perkebunan dan kehutanan sehingga sangat cocok untuk lokasi mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari berbagai komoditas perkebunan. Mereka bisa melihat secara langsung obyek yang mereka pelajari dan bisa mendiskusikannya dengan fasilitator yang ada. Acara ini juga mengajarkan mahasiswa untuk berfikir kritis dan belajar secara mandiri. Kami memasang beberapa hotspot di dalam kebun, sehingga mahasiswa dapat mengeksplor pengetahuan dari internet dan selanjutnya dipresentasikan”, jelas Ir. Tri Nugraha, MP. 
Melalui kegiatan kenal kebun mahasiswa bisa melihat wujud tanaman kopi, melihat kopi yang sudah masak dan belum, bisa melihat pengolahan kakao untuk menjadi coklat, dan melihat berbagai komoditas yang lain. 
Setelah mengikuti kegiatan OKKABUN, diharapkan mahasiswa siap untuk mengikuti kuliah di kelas yang akan dimulai pada 5 September 2022. Semua mahasiswa baru sudah mendapatkan gambaran apa yang akan dipelajari hingga lulus nantinya.
OKKABUN di INSTIPER sangatlah khas, sehingga akan selalu membekas pada setiap mahasiswa INSTIPER. Cerita OKKABUN selalu menjadi obrolan setiap mahasiswa, bahkan sampai mahasiswa tersebut telah menjadi alumni.