INSTIPER Yogyakarta Selenggarakan Kuliah Umum : Sustainable Landscape Management

Fakultas Pertanian INSTIPER Yogyakarta menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Sustainable Landscape Management” pada (3/8) secara daring melalui Zoom Meeting dan live streaming di Youtube INSTIPER Yogyakarta. Kuliah umum disampaikan oleh Prof. Dr. Alain Rival selaku Resident Director for South-East Asia CIRAD. CIRAD merupakan pusat riset Perancis yang bekerjasama dengan negara-negara berkembang untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan di bidang pertanian. 
Kuliah umum yang dimoderatori oleh Dosen INSTIPER Yogyakarta Dr. Ir. Agus Setyarso, M.Sc. tersebut diikuti oleh 684 orang partisipan secara daring melalui Zoom Meeting dan Youtube INSTIPER Yogyakarta. Paparan yang sangat menarik tersebut diikuti oleh dosen, mahasiswa, penyuluh dari dinas pertanian, planters dari perkebunan kelapa sawit yang berasal dari Aceh sampai Papua.
Pada kesempatan tersebut Prof. Alain menjelaskan pentingnya mengelola landskap secara berkelanjutan. “Landskap yang dijadikan lahan pertanian harus dikelola secara terintegrasi sehingga terjadi keseimbangan antara profit, people, dan planet sehingga akan tercapai pertanian yang berkelanjutan. Untuk dapat mengelola landskap secara berkelanjutan diperlukan sebuah sistem. Pada perkebunan kelapa sawit misalnya, untuk membangun kebun kelapa sawit berkelanjutan harus dimulai dari pengelolaan lahan, pemilihan bibit unggul, pemanfaatan agen pengendali hayati, pengoptimalkan pupuk organik dari limbah kelapa sawit, dan pemanfaatan teknologi yang mendukung pertanian presisi”, jelas Prof. Alain.
Acara kuliah umum ini merupakan awal dari rencana kerjasama antara INSTIPER Yogyakarta dengan CIRAD. Direncanakan akan diselenggarakan penandatanganan MoU kerjasama antara kedua instansi ini pada September 2021 mendatang.
Acara kuliah umum ini dapat diputar kembali melalui link sebagai berikut: https://youtu.be/3Lef2mrOjsA