INSTIPER Drone Academy Mengadakan Pelatihan Pilot dan Co-pilot Drone

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak akhir-akhir ini sangatlah digandrungi oleh berbagai kalangan, seperti fotografi, pertanian, bahkan hingga logistics. Cakupan manfaat yang diberikan cukup luas dan memberikan beberapa kemudahan, khususnya di bidang pertanian. Kita bisa memanfaatkan UAV untuk berbagai keperluan, penyiram tanaman, pestisida, mengangkut hasil panen, dan untuk pemetaan.
Oleh karena itu, INSTIPER Drone Academy (IDA) mengadakan pelatihan pilot dan co-pilot UAV. Selain untuk menambah kapasitas dan skill yang dimiliki, INSTIPER Drone Academy akan menyalurkan minat teman-teman yang tertarik untuk mendalami bidang UAV lebih lanjut. Pelatihan diikuti oleh 6 peserta, 3 peserta sebagai pilot dan 3 peserta lagi sebagi co-pilot. Pelatihan diadakan di kampus INSTIPER (26-27/4), dan tidak lupa tetap menerapkan protokol kesehatan. Pelatihan tersebut mendatangkan pelatih handal dari PT. Karya Solusi Angkasa (PT. KSA).
Peserta berlatih mengoperasikan Drone Ferto 5, drone Ferto 5 diproduksi oleh Full Drone Solutions (FDS). Drone Ferto 5 merupakan Drone Sprayer yang memiliki kapasitas tanki 5 liter. Pelatihan dimulai dari pemberian materi singkat mengenai segala jenis kategori yang ada di dalam UAV, dasar-dasar pengoperasian drone, komponen yang digunakan hingga kode etik dan regulasi yang harus dipatuhi sebagai seorang pilot UAV.
Setelah memahami seluruh fundamental yang telah disampaikan, kemudian berlanjut ke lapangan untuk pengoperasian drone. Selayaknya pesawat, sebuah UAV juga memiliki co-pilot sebagai rekan dalam menerbangkan sebuah pesawat. Co-pilot pada umumnya berada di sebelah seorang pilot. Tugas seorang co-pilot adalah memastikan navigasi dan kondisi pesawat (data dipantau melalui komputer), selain itu, mengkomunikasikan kepada pilot apabila terjadi hal yang membahayakan pesawat dan sangat memungkinkan untuk co-pilot juga menjadi seorang pilot begitupun sebaliknya.
 

https://home.instiperjogja.ac.id/drone