Webinar INSTIPER : Membangun Kelas Virtual Interaktif di Masa Pandemi

Rabu (31/3), Telah berlangsung acara webinar dengan tema Optimalisasi Kelas Virtual Zoom dan Google Meet yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemasaran dan Pengembangan Kerjasama Institusi (LPPKI) INSTIPER. Webinar diikuti oleh tenaga pendidik SMA/SMK/MA/Sederajat se Jawa Timur juga beberapa sekolah di DI Yogyakarta. Adapun diadakannya webinar ini selain menyambung silaturahmi dengan stakeholder eksternal INSTIPER juga memberikan wawasan baru bagi tenaga pendidik tentang bagaimana mengoptimalkan pembelajaran daring di masa pandemi. 

Tentu tak mudah menghadapi perubahan pembelajaran saat ini, perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi pokok permasalahan utama. Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring yang serba mendadak akibat pandemi, tanpa persiapan yang matang. Namun hal tersebut harus tetap dilaksanakan supaya proses pembelajaran tetap berjalan lancar

Kesulitan dalam mengimplementasikan pembelajaran daring memang nampak terlihat jelas di hadapan kita, tidak hanya satu atau dua sekolah saja melainkan menyeluruh di beberapa daerah di Indonesia. Hal tersebut yang menjadi perhatian kita sebagai penyelenggara pendidikan demi mengembangkan pembelajaran daring yang interaktif,  Mengenai komponen yang penting yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki  dalam proses pembelajaran daring (online) mencakup jaringan internet yang stabil, gawai atau komputer yang mumpuni, aplikasi dengan platform yang user friendly, serta sosialisasi daring yang bersifat efisien, efektif, kontinyu, dan integratif kepada seluruh stakeholder pendidikan.

Webinar yang berlangsung selama 2 jam tersebut memaparkan layanan video conference yang digunakan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring/online yaitu google meet dan zoom meeting. Dalam webinar tersebut juga diberikan penjelasan mengenai penggunaan layanan video conference untuk kegiatan belajar mengajar sehingga menciptakan kelas virtual yang interaktif. Pemanfaatan secara optimal layanan video conference (google meet dan zoom meet) meliputi pengaturan suara dan gambar, serta fasilitas yang disediakan oleh kedua layanan tersebut sehingga menciptakan kegiatan belajar mengajar yang interaktif seperti background, white board dan lain lain

Supriyono,S.Ag, salah satu peserta webinar menjelaskan, “saya sangat terbantu dengan webinar semacam ini, dan saya minta ke instiper supaya bisa lebih diintensifkan kegiatannya”.  Melihat antusias peserta webinar mendorong LPPKI INSTIPER sebagai penyelenggara untuk dapat segera menindaklanjuti kegiatan webinar berbentuk pelatihan kompetensi dibidang IT. Besar harapan INSTIPER terjalin komunikasi yang baik dengan tenaga pendidik, dan juga menjadi wadah bagi tenaga pendidik dalam hal meningkatkan kemampuan dibidang teknologi.