Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) INSTIPER Tahun 2022

Pilmapres atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. 
Pada tahun 2022 ini, berdasarkan hasil rapat penetapan oleh tim juri mapres INSTIPER peringkat 1 diraih oleh Adinda Salsabila Darmawan dari Fakultas Teknologi Pertanian, peringkat 2 diraih oleh Ayunda Gustiani Putri dari Fakultas Teknologi Pertanian, dan peringkat 3 diraih oleh Lowin Sansiska Hutabalian dari Fakultas Pertanian.
Tujuan dari Pilmapres adalah untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap menjadi agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.
Adinda Salsabila menyampaikan, “PILMAPRES, bagi saya sudah tidakk asing lagi dengan kompetisi bergengsi ini yang sudah banyak diselenggarakan oleh perguruan tinggi lain. Namun Pilmapres sesuatu hal baru yang diselenggarakan oleh INSTIPER. Dengan mendapat dorongan besar dari dosen dan orang-orang disekitar saya mengikuti  kompetisi ini. Serangkaian seleksi Pilmapres ini sangat menarik karena terdapat penyampaian gagasan kreatif yang dikemas dengan kemampuan bahasa inggris. Di akhir dari proses seleksi di tingkat institut, saya diberi amanah juara dan tentunya untuk melanjutkan di tingkat LLDIKTI adalah kebanggaan tersendiri, karena berbagai proses yang saya lalui akhirnya membuahkan hasil yang manis”.
“Harapan saya di Pilmapres selanjutnya, lebih banyak lagi mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini. Jangan takut dan tidak percaya diri karena nilai, karna sesungguhnya, nilai bukanlah segalanya. Selagi ada lahan untuk mencoba, tidak perlu memikirkan menang atau kalah, karena yang terpenting adalah bagaimana kita sanggup untuk memaksimalkan setiap langkah prosesnya” pungkasnya.