Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Rektor INSTIPER Periode 2019-2023

Suksesi tampuk kepemimpinan tertinggi Institut Pertanian Stiper Yogyakarta telah berakhir dengan terpilih dan dilantiknya Rektor baru INSTIPER untuk periode 2019-2023. Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng. terpilih sebagai Rektor baru INSTIPER setelah melalui serangkaian proses seleksi yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Kader Perkebunan Yogyakarta (YPKPY).

Rektor terpilih dilantik oleh Ir. Sri Hartadi selaku Ketua Pengurus YPKPY pada 28 Juni 2019 disaksikan oleh sivitas akademika INSTIPER. Pelantikan dilakukan tersebut dilakukan di ruang Auditheater INSTIPER. Setelah acara pelantikan, serah terima jabatan dari rektor lama ke rektor baru diselenggarakan pada Senin (1/7). Serah terima jabatan dari Dr. Ir. Purwadi. MS kepada Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng.

Dalam acara serah terima jabatan tersebut Dr. Ir. Purwadi, MS. selaku rektor periode sebelumnya menyampaikan, “Saya memohon pamit kepada Bapak dan Ibu Dosen maupun Karyawan INSTIPER yang telah membantu saya membangun INSTIPER sampai pada posisi INSTIPER saat ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada mitra kerja INSTIPER yang telah bekerjasama dengan INSTIPER. Pada hari ini telah selesai tugas dan amanah yang diberikan kepada saya untuk menjadi Rektor INSTIPER. Saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama, dukungan, dan bantuannya yang telah diberikan kepada saya untuk mengemban amanah selama 10,5 tahun. Saya mohon maaf apabila ada salah khilaf yang terjadi . Dan saya ucapkan selamat kepada Rektor INSTIPER 2019-2023 Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng. Selamat bertugas, semoga INSTIPER semakin maju dan kemitraan strategis bersama stakeholder terus dapat ditingkatkan”.

Rektor terpilih Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng. dalam sambutannya menanggapi sambutan yang disampaikan oleh Dr. Ir. Purwadi, MS. Dr. Ir. Harsawardana,M.Eng. menyampaikan, “Hari ini merupakan hal yang sangat penting bagi INSTIPER, karena pada hari ini merupakan satu tahapan pergantian kepemimpinan di INSTIPER. Hal ini merupakan hal yang wajar bahwa setiap masa jabatan pemimpin pasti ada masanya. Jika selama ini pergantian kepemimpinan di INSTIPER mendapatkan perhatian dari pihak eksternal terutama dari stakeholder mitra kerja INSTIPER yang menayakan jika rektor INSTIPER ganti nanti bagaimana, kedepannya INSTIPER akan seperti apa, dan pertanyaan-pertanyaan lain. Menurut saya pribadi, siapapun Rektornya yang menggantikan Rektor terdahulu harus tetap berada di jalur yang sama dengan yang telah digariskan oleh rektor-rektor terdahulu dan meneruskan program yang sudah berjalan”.

Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng menambahkan, “Begitu juga dengan saya, saya akan meneruskan hal-hal yang baik yang telah dilakukan oleh  Dr, Ir. Purwadi, MS. Saya meminta sumbang saran dan pemikiran Bapak Dr. Ir. Purwadi, MS untuk kemajuan INSTIPER. Serta kedepan pembangunan INSTIPER akan lebih mengedepankan pada pembangunan SDM di INSTIPER sesuai dengan arahan dari YPKPY. Pada akhirnya saya memohon kepada Bapak/Ibu sekalian yang merupakan  sivitas akademika baik itu Dosen, Karyawan, Mahasiswa dan komponen lainnya untuk meneruskan karya–karya besar INSTIPER”.