“NGOBRAS” Talkshow Pengenalan INSTIPER Smart Greenhouse Academy

Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 lalu merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi pembelajar sejati yang terampil, sehingga mampu menjawab tantangan zaman. Kreativitas dan inovasi merupakan kata kunci penerapan MBKM, sebab mahasiswa diberikan kesempatan untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai passion dan cita citanya. Melalui penerapan MBKM, mahasiswa dapat melaksanakan pembelajaran tidak hanya di dalam kelas, laboratorium, atau perpustakaan, namun juga di industri, pusat riset, atau di masyarakat. 
Untuk mendukung kebijakan MBKM INSTIPER mendirikan INSTIPER Academy sebagai kegiatan co-kurikuler yang merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat, hobi, dan kreativitas mahasiswa di luar pembelajaran intrakurikuler. Terdapat 9 INSTIPER Academy yang dapat diikuti oleh mahasiswa sesuai dengan minat tiap mahasiswa. Adapun 9 INSTIPER Academy tersebut INSTIPER Smart Greenhouse Academy, INSTIPER Drone Academy, INSTIPER Robotic Academy, INSTIPER IT Academy, INSTIPER Artificial Intelligence Academy, INSTIPER Multimedia Academy, INSTIPER English Academy,  INSTIPER Coffee Academy dan INSTIPER Bakery Academy.
Dalam rangka mengenalkan INSTIPER Academy, INSTIPER mengadakan talkshow pengenalan INSTIPER Academy NGOBRAS “Ngobrol dan Belajar Asik Sore-sore”. Acara tersebut dilaksanakan secara series yang dimulai dari NGOBRAS INSTIPER Smart Greenhouse Academy pada Kamis (22/7) dilaksanakan secara online menggunakan platform Zoom dan Youtube. Acara tersebut menghadirkan dua narasumber, yang pertama Igor Gadira, SP sebagai Ketua dari INSTIPER Smart Greenhouse Academy dan narasumber kedua Bp. Budi Raharjo dari Direktur Produksi CV. Santoso Agro. 
INSTIPER Smart Greenhouse Academy selain berfokus pada riset mengenai aplikasi dan pengembangan alat Device Control System (DCS) dalam budidaya hidroponik yang secara otomatis baik untuk komoditas buah maupun sayur. INSTIPER Smart Greenhouse Academy juga menjadi suatu media pendidikan bagi mahasiswa untuk mempelajari tentang hidroponik dan aplikasi DCS beserta sensor-sensor iklim yang terpasang. Selain itu INSTIPER Smart Greenhouse Academy juga berfungsi untuk mendukung pertanian berbasis teknologi 4.0, sehingga ke depan menjadikan pertanian suatu industri strategis untuk menopang ketahanan pangan Indonesia. Dengan adanya INSTIPER Smart Greenhouse Academy di INSTIPER diharapkan dapat memberikan tingkat produktivitas yang optimal dengan dukungan teknologi yang dapat dikendalikan secara otomatis berdasarkan sensor.
Adapun produk yang dihasilkan oleh INSTIPER Smart Greenhouse Academy adalah berbagai jenis melon orienta, tomat ceri, semangka, berbagai jenis sayur. Selain itu INSTIPER Smart Greenhouse Academy juga menyediakan nutrisi, benih, serta media tanam.
Acara Ngobras INSTIPER Smart Greenhouse Academy dapat diputar kembali melalui link sebagai berikut: https://www.youtube.com/watch?v=9FcpHb2fqsw