“NGOBRAS” Series III Talkshow Pengenalan INSTIPER Robotic Academy

Di era industri 4.0 sektor pertanian, perkebunan dan perhutanan banyak membutuhkan informasi tentang teknologi tinggi, salah satunya tentang teknologi robotika.
Pada era saat ini inovasi atau pengembangan teknologi sangatlah diperlukan untuk pertanian, perkebunan dan perhutanan. Di mana variabel yang akan dipertimbangkan sangat banyak dan wilayah yang akan dimonitor sangat besar. Untuk alasan ini, teknologi dan robot adalah kunci untuk mendukung pertanian dalam berinovasi. Dengan adanya teknologi robot ini dapat meningkatkan kualitas hidup banyak petani dengan meningkatkan usaha dan produksi mereka.
Oleh karena hal tersebut INSTIPER mendirikan INSTIPER Robotic Academy. Dengan didirikannya INSTIPER Robotic Academy untuk mengenalkan prinsip dasar robotika kepada mahasiswa dan untuk menyiapkan mahasiswa di era globalisasi saat ini yang dituntut untuk memiliki wawasan luas, kemampuan berpikir dan berkreasi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan informasi dan teknologi (IT) yang sangat cepat. INSTIPER Robotic Academy mendukung pengembangan riset-riset terkait pengembangan teknologi robotika agar mahasiswanya mampu bersaing didunia industri perkebunan Indonesia dengan pembekalan yang kuat. 
INSTIPER Robotic Academy sudah menghasilkan produk prototype robot lengan yang digunakan sebagai otomatisasi untuk pemetikan dan pemantauan buah, dan produk delta yang digunakan sebagai otomatisasi untuk pemilah buah.
Untuk mengenalkan INSTIPER Robotic Academy, INSTIPER mengadakan “NGOBRAS” series III talkshow pengenalan INSTIPER Robotic Academy dengan tema “Robotics for Production Systems an Agriculture”. Acara tersebut dilaksanakan pada Kamis (29/7) secara online menggunakan platform Zoom dan Youtube.  Acara tersebut menghadirkan dua narasumber, yang pertama Keke Aziz Al Amien, S.T sebagai PIC dari INSTIPER Robotic Academy dan narasumber kedua Teddy Suparyanto, S.Pd, M.Ti merupakan Dosen Teknik Pertanian INSTIPER. Dan dimoderatori oleh Rengga Arnalis Renjani, S.TP, M.Si, IPM Dosen INSTIPER. 

Acara Ngobras INSTIPER Robotic Academy dapat diputar kembali melalui link sebagai berikut : https://www.youtube.com/watch?v=DHxSTw2Bnx0