Lulusan INSTIPER Yogyakarta Siap Masuk Dunia Kerja dan Dunia Industri

Yogyakarta, 20 November 2021. Institut Pertanian Stiper (INSTIPER) Yogyakarta menyelenggarakan Wisuda Sarjana ke -77 dan Pascasarjana ke-23 yang diselenggrakan secara hybrid  pada Sabtu 20 November 2021. Sebanyak 85 orang wisudawan mengikuti wisuda secara luring di GRHA INSTIPER Yogyakarta dan 179 orang mengikuti wisuda secara daring.

Pada periode wisuda ini, INSTIPER Yogyakarta mewisuda sebanyak 264 wisudawan yang terdiri dari 3 orang wisudawan dari Pascasarjana Magister Manajemen Perkebunan dan 261 orang wisudawan sarjana dari Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, dan Fakultas Kehutanan.

Pada wisuda ini, terdapat 79 orang (28%) yang mendapat predikat Cumlaude/Pujian, dan INSTIPER juga meluluskan program beasiswa berikatan dinas yaitu dari PT SMART Tbk pada minat Sarjana Perkebunan Kelapa Sawit sebanyak 57 orang.
Dalam pidatonya, Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng selaku Rektor INSTIPER menjelaskan, "INSTIPER merupakan perguruan tinggi yang sejak awal berdirinya selalu beradaptasi menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, dunia kerja dan dunia industri (DUDI). INSTIPER juga mencetak lulusan yang tidak biasa, yaitu lulusan yang siap bekerja. Sehingga di saat perguruan tinggi lain sedang menyiapkan kampus merdeka merdeka belajar yang saat ini digembar-gemborkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, INSTIPER Yogyakarta telah jauh lebih lama melaksanakan hal tersebut melalui penyesuian kurikulum yang diadaptasi dengan kebutuhan dunia kerja, kegiatan praktek lapangan dan magang di perusahaan, serta pengembangan softsklill untuk mahasiswa".
"Pengembangan kurikulum di kampus INSTIPER Yogyakarta juga melibatkan mitra kerja strategis kami yaitu perusahaan-perusahaan di bidang perkebunan dan kehutanan yang akan menyerap lulusan-lulusan kami. Dengan demikian apa yang dipelajari mahasiswa di kampus, sesuai dan dapat diaplikasikan mahasiswa saat sudah bekerja. Rata-rata waktu tunggu lulusan INSTIPER Yogyakarta sekitar 6 bulan”.
Kualitas lulusan yang siap kerja menyebabkan pendeknya waktu tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu kerjasama dengan perusahaan mitra juga merupakan kunci keberhasilan INSTIPER dalam mewujudkan hal tersebut. INSTIPER bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk memberikan beasiswa ikatan dinas dimana setelah mahasiswa lulus akan segera terserap dunia kerja. Pendidikan yang diberikan selama mahasiswa kuliah juga tidak hanya dari kampus saja namun juga dilakukan oleh pihak perusahaan.
Bagi para orang tua tentunya sangat membanggakan dimana saat wisuda putra-putrinya mereka telah diterima bekerja. INSTIPER Yogyakarta dapat menjadi pilihan tepat untuk mendidik putra-putri terbaik Indonesia untuk mengisi posisi-posisi strategis di bidang perkebunan dan kehutanan Indonesia sebagaimana cita-cita para pendiri INSTIPER. 
Lulusan terbaik program Sarjana diperoleh oleh Saudara Fortun Hutagaol, SP. dari Fakultas Pertanian dengan IPK 3,95. Fortun Hutagaol merupakan salah satu mahasiswa SPKS SMART Planters yang merupakan program beasiswa dari PT. SMART Tbk. Setelah menjalani wisuda di INSTIPER, Fortun dan rekan-rekannya di SMART Planters akan langsung bekerja di kebun-kebun kelapa sawit PT. SMART. Dalam testimoninya Fortun Hutagaol menyampaikan, "Terimakasih sebesar-besarnya untuk INSTIPER dan PT. SMART. Sebagai seorang anak petani, melalui beasiswa SMART Planters saya dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dan nantinya akan langsung diterima kerja setelah lulus". 
Fortun Hutagaol menambahkan, "Pendampingan studi selama kuliah yang dilaksanakan secara bersama-sama antara pihak kampus dan pihak perusahaan menjadikannya tidak hanya memiliki pemahaman teori namun juga pemahaman kegiatan-kegiatan di dunia kerja. Kesempatan magang di perusahaan yang telah ditata dengan baik oleh pihak kampus dan perusahaan menjadikan kegiatan magang menjadi terarah dan tujuan magang jadi tercapai sehingga alumni INSTIPER menjadi alumni yang siap kerja dengan berbekal pengetahuan dan kemampuan yang baik".
Sehingga sudah tepat jika memilih INSTIPER Yogyakarta menjadi tempat kuliah dan menentukan masa depan. Selain mempersiapkan mahasiswanya untuk siap memasuki dunia kerja, pendidikan di INSTIPER juga menyiapkan lulusannya menjadi seorang entrepreneur. Pada saat ini INSTIPER sudah membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB) TA 2022/2023 yang telah dimulai November 2021 – Agustus 2022. Pendaftaran mahasiswa baru dapat diakses secara online melalui pmb.instiperjogja.ac.id