INSTIPER Yogyakarta Rayakan Dies Natalis ke-63

Institut Pertanian Stiper (INSTIPER) menyelenggarakan Puncak Acara Dies Natalis ke – 63 pada 10 Desember 2021 dengan acara Rapat Senat Terbuka Dies Natalis INSTIPER. Kegiatan Dies Natalis INSTIPER ke-63 pada tahun ini diselenggaraka secara hybrid, perpaduan luring dan daring. Acara luring diadakan di GRHA INSTIPER dengan peserta kegiatan yang hadir secara luring menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan jumlah peserta terbatas. Sedangkan secara daring peserta Dies mengikuti memggunakan aplikasi Zoom atau Youtube.
Acara Dies Natalis INSTIPER ke-63 yang juga bertepatan dengan perayaan Hari Perkebunan ke-64 dibuka oleh Dr. Ir. Herry Wirianata, MS selaku Ketua Senat Akademik Institut. Acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis INSTIPER ke-63 ini merupakan puncak acara dari rangkaian Dies Natalis yang telah dibuka dengan kegiatan webinar series prodi-prodi di INSTIPER Yogyakarta dan Family Gathering.
Sejarah didirikannya INSTIPER Yogyakarta sangat kental dengan semangat nasionalisme. INSTIPER Yogyakarta didirikan tepat 1 tahun setelah nasionalisasi perkebunan di Indonesia. Sadar akan kebutuhan tenaga kerja yang akan mengelola perkebunan Indonesia setelah ditinggalkan penjajah para pendiri INSTIPER kemudian mendirikan institusi pendidikan yang mencetak SDM unggul di bidang perkebunan. Semangat tersebut masih dipertahankan INSTIPER sampai saat ini. Pada usianya yang sudah mencapai 63 tahun, INSTIPER konsisten untuk menyiapkan lulusan unggul yang adaptif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi terkini untuk dapat diaplikasikan di dunia kerja dan dunia industri bidang perkebunan dan perhutanan yang menjadi core competencynya sejak awal berdiri.
Rektor INSTIPER Dr. Harsawardana, M.Eng, dalam pidato laporan tahunan menjelaskan “INSTIPER Yogyakarta telah lama menjalankan berbagai kegiatan MBKM. INSTIPER telah menyesuaikan kurikulum pendidikannya sesuai dengan dunia usaha dan dunia industri. Mahadiswa diberi kesempatan untuk magang di berbagai perusahaan mitra kerja INSTIPER untuk memberikan bekal pengalaman bekerja dan lebih memahami dunia industri". 
Dr. Harsawardana menambahkan, "Saat ini INSTIPER berkomitmen memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan kompetensi melalui kegiatan co-kurikuler (kegiatan pendamping kurikulum) dengan membentuk INSTIPER Academy melalui pendekatan komunitas hobi. Hal ini juga dalam rangka untuk  mendukung pencapaian kompetensi lulusan pada era Mereka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”.
“INSTIPER Academy yang telah terbentuk diantaranya adalah IT (Information Technology)  Academy, Robotics Academy, Drone Academy, English Academy, Smartgreenhouse Academy, Artificial Intelligence Academy, Bakery Academy, dan Coffee Academy, Multimedia Technology Academy, IoT (Internet of Things) Academy, dan Technopreneurship Academy” tambahnya.
Sedangkan Pidato Dies Natalis INSTIPER ke 63 disampaikan oleh Bapak Anang Noegroho Setyomoeljono, MEM (Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / BAPPENAS) dengan tema “Peranan Teknologi dalam Mengembangkan Bidang Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Bekelanjutan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Bangsa”.
Pada Dies Natalis INSTIPER ke 63, INSTIPER Yogyakarta mendapatkan anugerah dengan terpilihnya 5 keluarga besar INSTIPER Yogyakarta sebagai 110 Tokoh Sawit Indonesia Tahun 2021. Pemilihan 110 Tokoh Sawit ini didasarkan pada rekam jejak, ide, gagasan, kontribusi, dan peranannya di sektor perkelapasawitan. Keluarga besar INSTIPER Yogyakarta sebagai 110 Tokoh Sawit Indonesia Tahun 2021 ialah Bapak Dr. (HC) Soedjai Kartasasmita sebagai tokoh Kelapa Sawit Bidang Bisnis dan Ekonomi, Bapak Ir. R. Azis Hidayat, MM sebagai tokoh Kelapa Sawit Bidang Sosial, Kemitraan, dan Lingkungan, Bapak Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng sebagai tokoh Kelapa Sawit Bidang SDM dan Pendidikan, Bapak Dr. Ir. Purwadi, MS sebagai tokoh Kelapa Sawit Bidang SDM dan Pendidikan, dan Bapak Dr. Sri Gunawan, SP., MP sebagai tokoh Kelapa Sawit Bidang SDM dan Pendidikan.
Ketua Panitia Dies Natalis INSTIPER ke-63 Ir. Wiwin Dyah Ully  Parwati, MP yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor II INSTIPER menyampaikan, "Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan menyukseskan kegiatan Dies Natalis INSTIPER ke-63. “Semoga di usia INSTIPER yang ke-63 ini, INSTIPER semakin berdaya dalam mewujudkan visi dan melaksanakan misinya, semoga INSTIPER semakin mampu bertransformasi mengikuti perkembangan teknologi maju dan membangun kemitraan strategis. Bersama kita bisa, bersatu kita mampu” pungkasnya.