INSTIPER Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Konferensi Nasional Sylva Indonesia ke XX Tahun 2024

Institut Pertanian Stiper (INSTIPER) berhasil menjadi tuan rumah Konferensi Nasional Sylva Indonesia (KNSI) ke XX tahun 2024 dilaksanakan pada 29 Febuari – 06 Maret 2024, yang mana Konferensi Nasional Sylva Indonesia (KNSI) terakhir kali diadakan setelah 25 tahun yang lalu yakni pada tahun 1998. Pembukaan Konferensi Nasional Sylva Indonesia (KNSI) ke XX diselenggarakan di Auditorium INSTIPER, pada Kamis (29 Febuari 2024). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor INSTIPER, Dr. Ir. Harsawadana, M.Eng.
Konferensi Nasional Sylva Indonesia (KNSI) ke XX tahun 2024 dihadiri oleh 35 Perguruan Tinggi Negri maupun Swasta yang tergabung di Sylva Indonesia. Pada kegiatan Konferensi Nasional Sylva Indonesia (KNSI) tahun 2024 terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan antara lain yakni, Simposium Nasional Sylva Indonesia, Leadership Training Sylva Indonesia, Panel Discussion Sylva Indonesia, Konferensi Nasional Sylva Indonesia, Field Trip Sylva Indonesia.
Kegiatan Simposium Nasional Sylva Indonesia yang diadakan pada 29 Febuari 2024 mengangkat tema “Eksplorasi Tantangan Terhadap Potensi Perdagangan Karbon Indonesia” yang mana pada kesempatan kali ini mengundang beberapa narasumber yakni sebagai berikut, Johan Kieft (Senior Technical Specialist at UNEP), Dr. Ir. Rawana, MP (Akademisi INSTIPER), Jared Moore (Forest Carbon). Berlanjut pada kegiatan kedua yakni Leadership Training Sylva Indonesia, pada kegiatan ini Sylva Indonesia mengangkat tema “Be Brave Speak Up In Positive Ways Toward Global Quality” yang mana pada Leadership Training ini bertujuan agar mahasiswa kehutanan Indonesia dapat berbicara kepada masyarkat dunia terkait kepedulian terhadap ekologi yang ada di dunia melalui aksi secara langsung maupun melalui sosial media. Adapun narasumber pada
 
Leadership Training yakni, Dr. Ir. Agus Setyarso, M. Sc. (Pembina Sylva Indonesia), Andhika Respati HN, S.T. M.SEP (Pranata Humas Ahli Muda Biro Hubungan KLHK).
Pada kegiatan berikutnnya yakni Panel Discussion pada 01 Maret 2024 mengangkat tema “Green Oppurtunity di Industri Lahan Perkebunan Kelapa Sawit” sesi diskusi kegiatan ini bertujuan untuk membuka pandangan terhadap mahasiswa kehutanan terhadap sustainibilty pada Perkebunan sawit yang mana ternyata membutuhkan lulusan dari mahasiswa kehutanan. Adapun narasumber pada kegiatan ini yakni, Agam Fatchurohman (GAPKI), Ir. Siti Maimunah, S. Hut., M.P., IPU, ASEAN Eng (Akademisi INSTIPER), Martin Mach (PT.BGA), Petrus Gunarso (MAKSI).
Kegiatan inti dari rangkaian kegiatan Konferensi Nasional Sylva Indonesia (KNSI) ke XX tahun 2024 yakni Konferensi antar mahasiswa Kehutanan se Indonesia. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 02-05 Maret 2024 di Wisma Duta Wacana Kaliurang, Yogyakarta. Pada kegiatan KNSI XX ini mengankat tema “Menjalin Sinergitas Mahasiswa Kehutanan Untuk Membangun Legitimasi Sylva Indonesia”. Sidang Konfernsi Sylva Indonesia berlangsung dengan lancar, pada kesempatan ini menjadi ajang mahasiswa dalam berdialektika dan bertukar pikiran dalam perubahan Sylva Indonesia yang jauh lebih baik. Pada Konferensi Nasional Sylva Indonesia (KNSI) ke XX tahun 2024 terpilih saudara Agung Wirayudah sebagai ketua Dewan Perwakilan Sylva Indonesia (DPSI) periode 2024-2026. Dan terpilih juga saudara Wahyu Agung sebagai Sekretaris Jendral 2024-2026 dari Universitas Tanjungpura Pontianak menggantikan posisi Sekretaris Jendral sebelumnya yakni M. Iqbal Amran dari INSTIPER.
Penutupan pada kegiatan Konferensi Nasional Sylva Indonesia (KNSI) ke XX tahun 2024 ditutup dengan acara Field Trip Sylva Indonesia. Fieldtrip kali ini diadakan di salah satu kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak atau sebagai sarana edukasi pengenalan Taman Nasional Gunung Merapi bagi mahasiswa kehutanan Se-Indonesia yang hadir pada kegiatan KNSI XX.