Forum Direktur Perkebunan Kelapa sawit (FDPKS) 2023

Institut Pertanian STIPER (INSTIPER Yogyakarta) melalui Pusat Studi Kelapa Sawit (PSKS) mengelar Forum Direktur Perkebunan Kelapa sawit (FDPKS) 2023, untuk membantu mengatasi berbagai hambatan kelapa sawit, salah satunya stagnasi produksi. 
Hal tersebut disampaikan Direktur Pusat Sains kelapa Sawit Instiper (PSKS-Instiper) Dr Purwadi saat pembukaan FDPKS-2023 di Kampus INSTIPER Yogyakarta, Rabu, 22/11/2023.
Menurut Purwadi selaku direktur PSKS, terselenggarakannya FDPKS 2023 ini untuk menjawab tantangan masalah terkait lambatnya inovasi pemanfaatan teknologi dan hasil riset inovasi serta efektivitas manajemen, dengan mencari praktek-praktek terbaik dari sharing sukses stori dalam peningkatan produksi dengan memanfaatkan teknologi baru (mekanisasi dan digitalisasi). Mengenai isu iklim akan diselesaikan dengan pokja iklim yang bekerja bersama BMKG untuk Perkebunan Kelapa Sawit. Selain itu, akan membuat Indonesia Palm Oil Club untuk akselerasi.
“FDPKS 2023 untuk menjawab tantangan isu-isu perubahan iklim dan lingkungan, tantangan riset dan inovasi terapan di perkebunan kelapa sawit, serta pengembangan kemitraan (bisnis) bersama petani dan kemitraan (sosial) bersama masyarakat sekitar kebun, serta kemitraan (ketaatan regulasi) dengan pemerintah,” kata Purwadi.
Menurut Purwadi, adanya tokoh perkebunan senior dari berbagai Perusahaan besar perkebunan sawit, Daud Dharsono, Maruli Gultom dan Roebianto memberikan gambaran yang nyata dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada, diantaranya; peningkatan produksi dan efisiensi di perusahaan perkebunan melalui peningkatan SDM Planter (termasuk mencetak planter legenda planter stars) dan pemanfaatan teknologi (bibit unggul, mekanisasi dan otomasi serta IoT), implementasi riset dan inovasi serta sistem proses dan manajemen pada tantangan perubahan iklim dan isu-isu sustainability, isu-isu kemitraan social.
“Mereka sharing pengalaman Smart and Legend Planter dan success story masing-masing Perusahaan,” jelas Purwadi.
Sementara itu Rektor INSTIPER Dr. Ir. Harsawardana, M.Eng. menyambut baik kehadiran tokoh-tokoh utama perkebunan dalam sharing pengalaman Smart and Legend Planter dan success story masing-masing Perusahaan untuk menjawab tantangan masalah terkait lambatnya inovasi pemanfaatan teknologi dan hasil riset inovasi serta efektivitas manajemen.