Earl’s Melon INSTIPER Smart Greenhouse Diterima Pasar

Siapa bilang kebun di tengah kota tak bisa menghasilkan produk melon yang berkualitas.


INSTIPER Smart Greenhouse mampu menghasilkan produk melon berkualitas premium dan diterima pasar dengan baik. Smart Greenhouse INSTIPER dikelola oleh INSTIPER Smart Greenhouse Academy (ISGA). ISGA merupakan komunitas hobi mahasiswa yang dapat menjadi wadah bagi mahasiswa, dosen, maupun karyawan yang memiliki ketertarikan dalam urban farming dan optimalisasi smart greenhouse.


ISGA telah membudidayakan Earl’s Melon dan panen perdana dilakukan pada Senin (5/4) dan panen kedua pada Sabtu (9/4). Waktu budidaya Earl’s Melon sekitar 81 hari sejak pindah bibit. Pada periode tanam ini total buah yang dipanen mencapai 250 kg buah segar.
Igor Gadira, selaku ketua tim ISGA mengatakan,  “Earl’s Melon yang dihasilkan smartgreen house INSTIPER memiliki kelebihan berupa tingkat kemanisan tinggi (13-16 brix), tekstur melon renyah dan creamy serta aroma melon lebih pekat dibanding melon pada umumnya”.


Beberapa buyer hadir pada saat panen dilaksanakan. Salah satunya adalah Bapak Budi seorang buyer dari Semarang. Dirinya hadir secara langsung untuk menguji kualitas buah melon dan mencicipi melon hasil panen. Hasil pengujian menunjukkan tingkat kemanisan melon berkisar 14 brix dengan kondisi fisik buah yang bagus. Seluruh stok Earl’s Melon yang tersisa di smartgreen house diborong semua untuk dijadikan sampel kepada konsumennya.


“Sebanyak 75 kg melon langsung dibeli oleh Pak Budi untuk dijadikan sampel kepada konsumennya. Kemarin kami dapat kabar bahwa melon kami diterima pasar dengan baik. Pak Budi meminta kami untuk dapat menjaga kualitas dan kontinyuitas produk melon yang dihasilkan. Kabar gembira ini membuat kami semakin bersemangat untuk menghasilkan produk-produk buah dan sayur berkualitas premium” ungkap Igor Gadira. 


Selama ini INSTIPER smart greenhouse konsisten memproduksi sayur dan buah berkualitas premium. Segmen menengah ke atas yang fokus pada healthy food, merupakan bidikan pasar untuk produk-produk yang dihasilkan oleh INSTIPER smart greenhouse. Sebelumnya INSTIPER smart greenhouse juga telah membudidayakan melon jenis Chamoe.